Monday, June 17, 2013

we have moved!

yuhuuu. bertemu kembaliii. selama ini ngilang mbuh kemana. padahal udah punya apps nya di hape, tetep aja susah buat ngapdet blog. teriri ketika membaca blog si ibu-cantik-nan-jago-masak-ini. udah kerja, punya batita, masi aja sempet ngapdet bloge. saluts neng!





enihau, sekarang kita udah lumayan settle di rumah baru. eciyeciyeee. rumah baru ya kakak judulnya. ee, bukan ko. bukan rumah beli. ga pengen juga beli rumah di belanda ini kalo saya mah. ibarat kata danesha: muoh. kita cuman pindah kota. tadinya, kita disini nih. lalu, sekarang kita pindah kesini. kalo kata tementemen gw

"weee...udah ga jadi anak desa lagi nih yee..mainannya udah kota besar" *wuaseemm*

yaa. memang. deventer itu kan cukup kecil. tokotoko yang ada juga terbatas. unlike the hague (den haag), yang segala serba ada. sebutkan, ayo sebutkan. apa yang di den haag ini ga ada. mulai dari babat, sampe jengki dan si pete bau (read: pitbau --> ben keren sitik ngono loh) pun ada. aku tersepona ah. masuk ke toko asianya, langsung gandeng si ay.

"pah..gilak..disini harga tempe cuman sekian"

"pah..ada bapao!"

"pah..ada edamame!"

"hahah..pah..ada jengki ajee disini"

astagah. saya maruk.

well, pada penasaran ga kenapa pindah? FYI, dari deventer ke den haag itu sekitar 150km dan kurleb 2 jam naik kereta.

alesannya. tidak lain tidak bukan. SUAMIKU. dese dapet kerjaan baru. dan kalo harus PP every single day dari Deventer ke kantor barunya sangatlah tidak manusiawi. bukan masalah duit, karna di reimburse sama kantor. tapi waktu yang terbuang di jalan. dia kehilangan 4 jam dalam sehari. we better find a new place.

sebenernya, dulu, ketika di Deventer, ga ada yang salah. semuanya baikbaik saja. kantor lama juga masi oke. bahkan sampe beberapa kali di panggil sama bosnya untuk tetap bertahan. but, it's a choice that he has to make. dan pindah kerja ini berawal dari sebuah keisengan. padahal, rencana kita tadinya, taun ini kita mau hunting kerjaan baru di sekitaran asia. tapi Tuhan menentukan lain. kita kan cuman manusia yang hanya bisa merencanakan.
dikerjaan baru, ga cuman dia yang punya tantangan baru. saya juga. karna dia sekarang kerjanya offshore. ya walopun bukan non-stop offshore, tapi tetep aja bakalan kebagian offshore. berapa lamanya bisa variasi bok, dari 1 - 4 minggu. kalo cuaca buruk bisa 5 minggu *meenn, ini mingguu! bukan hari*. gw padahal sempet ditinggal beberapa hari, maakk, galaunya paraaahh. ini pulak mainnya minggu *heemp*. tapapa, demi masa depan yang lebih baik dan cincin berlian *eeh*.
cuman, untungnya, di den haag ini ada beberapa orang indo yang gw kenal. bahkan, ada temen kantornya, orang indo yang rumahnya cuman beda setram halte sama gw dan istrinya juga IRT dan punya anak batita *horee..ada temennya*. jadi, ga begitu galaugalau banget. hahaha.

tapi, salah satu alesan utama kita pindah adalah: we have to get out from our comfort zone. we are still young. getting out from your comfort zone is the only way you learn about life. 

gimana ga comfort zone?! setiap sabtu, kita punya rutinitas untuk pergi ke pasar. beli ikan, trus minta di gorengin. saking seringnya, si penjual ikan sampe kenal sama kita. sering dikasi diskon, kadang upah nggoreng juga di gratisin. trus, beli sayur. punya langganan, tante cina. karna sering belanja sama dia, tiap kali belanja pasti dikasi gratisan buah, ntah pir, ntah apel, ntah pisang. dan sekalinya ngasi pir, kaga tanggungtanggung. seplastik sendiri. padahal belanja paling cuman 2 euro. bahkan kadang dikasi gratisan peterselie seger ato daun mint seger seplastik. beli buah, nyuruh pilihin yang bagus. mau yang agak keraslah, mau agak matenglah, dikasi sama tukang buahnya.

dan begitu sampe di den haag, kita coba ke pasar besarnya den haag, namanya Haagse Markt. kakaaaaaakk. aku ga sukak! titik! ramenya parah. benerbener jubeljubelan *ini mau belanja apa ngantri sembako sik?!*. sementara ketika di Deventer, aku bisa melenggang bebas. memang aku akui, mursida ya bok. misalnya mangga, tiga biji cuman seero. sementara di dev, 2 biji udah 2.5E aja. tapi aku sedih. moso kemaren mau beli buah kaki *kata lakiku, dimanamana adanya buah tangan* (kayanya di indo namanya kesemek deh). trus, agak keraskeras. jadi minta tolong pilihin sama yang jual. jawabannya: kalo ga mau beli ga usah *mewek*.

tapi, pelanpelan kita mulai menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada. semisal:

- buang sampah dulu harus turun dari tingkat 4 TANPA lif. a lot of effort just to buang sampah, you know?! sekarang alhamdulillah, sampahnya dijemput di depan pintu rumah, seminggu sekali.

- walo semuanya serba jauh, tapi semua juga serba ada dan reachable dengan public transport. misalnya, si toko asia tadi. cukup naik trem dari depan rumah, lalu sampelah saya. hoyeee.

- kalo dulu harus manjat rumah lante EMPAT, TANPA lif sambil gendong anak, sambil bawa belanjaan berat, sekarang alhamdulillah tinggal pentjet lif, sambil dorong kereta dan belanjaan, sampe de depan rumah.

I still remember our late-night-conversation.

"mam, kita bakalan betah ga ya disana? (den haag,red)"

"ga tau pah. mudahmudahan betah. ah, tapi bagiku asal kita tetep samasama, aku bakalan betahbetah aja ko"

"ah, romantis banget sie kamu mam *ditjium deh akika**eeh*"

"aku pikir, kita bakalan tetep seperti kita sekarang yang punya rutinitas sendiri tanpa harus depend ke orang lain"

and so far, we are. we live just like we used to in deventer. and it feels good.

anyway. alhamdulillah, as I said, we have settled down with a little bit *boong woo..booong* of messiness. still got a couple of boxes that have to be unpacked by mr.man. why? buku doi, mana atu tau yang mau dibuang yang mana.

sepertinya, sekarang udah bisa mulai rajin ngapdet lagi. masi banyak nih yang mau di share. hihi.

No comments:

Post a Comment