Friday, June 28, 2013

Pindahan #1: perjuangan cari rumah

Begitu kita tau kalo si ay (panggilan suamiku banyak yah..hihi) keterima dan tanda tangan kontrak baru dengan kantor barunya, maka kita juga memutuskan untuk berentiin kontrak rumah. Di kontrak dibilang bahwa kita harus mutus kontrak verbal dan tertulis 2 bulan sebelumnya. Begitu juga dengan kantor si ay. Perfect toh?!




Well. I can't really say that. Karna kita belum punya pegangan rumah baru sama sekali. Mana tempat baru,jauh pulak. Tapi aku tetap optimis, walo kadang kesebutkesebut juga sama kita sebelum tidur: kita bisa dapet rumah ga sih ma dalam waktu 2 bulan? 

Jadi kalo ga si ay yang nyebut,yaa ak yang nyebut. Terutama kalo udah hopeless cari rumah.
Harus diakui, 2 bulan itu lumayan loh untuk nyari rumah. Tiap saat, mantengin 2 website terkenal di belanda untuk cari rumah. SETIAP SAAT ngecek ada offer rumah baru ga nih. Sampe ahirnya nginstol apps nya cobaa. Bangun tidur,cek. Anak main, cek. Anak tidur, cek. Bok*r,cek. Begadang,hanya ngecek rumah. And to be honest, I found it surprisingly amazing untuk yang namanya cari rumah. Jadi misalnya gini, berharihari dan berjamjam udah mantengin website yang sama. Scroll down,next page. Ituuu aja. Tetiba, terinspirasi ngetik keywords lain di gugel. Eeh. Ketemu yang lain dan bagus. Itu yang sebenernya membuat aku tetep semangat *ko kaya iklan multivitamin yak*

Secara ga sadar,yang ahirnya kita sadari,kita itu sangat picky. Mulamula hanya punya beberapa syarat yang lamalama kembang kaya adonan roti *efek mbuat adonan ngembang*. Awalnya simple, kamar tidur minimal 2. Harga sewa minimal, x euro belom masuk listrik air gas pajak. Trus lalu berkembang. Ga mau bayar makelar yang mahal**. Eh,kembang lagii. Ga mau kalo kejauhan,karna kalo berangkat ngantor kepagian. Jadi mulai dibatasi, 4km dari central station. Trus, ga lama,kembang lagi. Ga mau rumah yang tipe naik ke atas pake tangga. Jadi,kalopun harus nangga, harus apartemen. Tapi kalo apartemen harus ada gudangnya karna punya stroller gedabak, kalo harus jalan bedua sama gencil bakalan repot banget. Tuh kan,kembang lagi. Trus ternyata, di dalam radius 4km ini,banyak daerah yang harus di hindari. Karna banyak kriminal. Pilihan saat itu hampir ga ada. Setelah diskusi,mungkin harus ada yang dikorbankan,yaitu kita naikin budgetnya. Jreeng,pilihannya nambah. Alhamdulillah.

Setelah 3 mingguan hunting,ahirnya berhasil dapet bikin janji untuk liat rumah. Baru liat rumah doang nih bok. Nah,karna si ay juga udah cuti dari kantor lama kalo mau liat rumah,kita mikir,yuukk di satuin ramerame.
Jadi,semua syarat kita singkirkan nih awalnya. Pasti banyak donk. Etapi,pas lagi liatliat,ko malah: ah ini ah itu. Jadi si syaratsyarat tadi ga jadi di scrap. 

Masi inget banget,hari jumat,kita berangkat pagi dari rumah. Hari itu,kita ada janji untuk liat 3 rumah. Karna kan ga ada kendaraan sendiri,jadi emang waktu tempuh extra. Mana kebentur sama solat jumat.

Rumah #1: amethisthorst,den haag. Model,apartemen. Tingkat 11.
First impression. Woow. Lumayan juga nih lobinya. Woow. Lifnya ada tiga dan besarbesar. Oke. Positif.
Masuk ke rumahnya,oh (less anthusiast). Kelilingkeliling. Beberapa note negatif tentang si rumah ini. Tua. Tua. Tua. Kamar mandinya kecil,jadi mesin cuci harus sebelahan sma shower. Ebuset. Rusak donk. Intinya, kalo mau masuk rumah ini,harus banyak yang di mekapin. Tapi,harganya murah. Which is menjadi top priority bagi kita. Dan makelarnya murah.

Rumah #2: verheeskade, den haag. Apartemen ini ada di daerah yang banyak pendatangnya. Kita tinggal diluar,pengen ngerasain tinggal di neighbourhood yang banyak bulenya donk. Tapi,di apartemen yang sama,ada temen satu programnya si ay. Istrinya juga stay home wife.
First impression,lobinya biasa aja. Tapi begitu masuk rumahnya,woow. Cakeps. Even masi botakbotak begitu tetep bisa ngerasa hommy. No make-up requires. Tapi,harganya buat kaki lemes. Mana,ada wajib bayar parking lot. Pas dibilang kita ga punya mobil,dia bilang tetep wajib. Jreeengg. Kakaakk,mahal kakaaaakk. Melipir sek yuk yaangg. Hihi. Tapi,sekali lagi,makelarnya murah. Dan menurut si temen yang make jasa mereka,service mereka reliable.

Si ay solat jumat,ak ngendon di rumah temen.

Rumah #3: vlaaskamp, den haag. Apartemen tingkat 7. Paling atas. Daerah elite. Tenang banget. Our kind of place bangetlah. Tetiba,liat cowo keluar dari BM* Z3. Ternyata makelarnya. Glek. Kayanya makelarnya mahal nih. We'll see. Lifnya big NO! Percaya kagaa,ukuran lifnya cuman 1.5x1m. Gw sama kereta gencil sama si ay sama makelarnya harus desekdesekan dan agak jinjit. Filing udah ga enak. Masalahnya,tiap kali belanja harus ngantri lif kan ga oke! Mana cuman satu pulak. Sofa kita ga akan mungkin masuk. Apalagi kasur. Nanya ke makelarnya,dia bilang pake jasa mover ato pake tangga. Ebuset. Doi ga tau sofa kita beratnya bikin sakit pinggang. Doi juga ga tau kalo kita udah alergi naik tangga ketinggian. Masuk rumahnya,huffh. Ini kombinasi dari dua rumah di atas. Tua. Tua. Mahal. Mahal. Makelarnya,cukup sebulan sewa+21% pajak *jual emas*.

Pas jalan pulang,udah depresi gitu. Satupun ga ada yang oke. Satupun. Ahirnya,iseng buka si apps. Eh,ada yang baru. Dan lokasinya deket sama rumah yang kita datengin. Harganya okeh! Telp,ternyata baru bisa buat janji hari rabu depan. Sementara ay cutinya mulai tipis. Ahirnya kita putusin,ntar aja deh. Kalo memang rejeki kan dapet yah.
Sabtu,minggu,senen,suntuk. Suntuk ga dapetdapet rumah. Ahirnya,rumah yang kita mau liat ga jadi,kita telp. Janjinya tetep hari rabu. 17 april. #babyDev ku turned one. Dan diputuskan, biar si ay aja yang pergi sendiri karna kalo barengbareng jalannya agak lama kan, ya namanya punya bayik.

Rumah #4: granaathorst, den haag.
menurut cerita si ay dan gambar yang dikasi sama makelar, rumahnya gedeee. kita punya extra 23m2 dari rumah lama. wooww. anak bayik bisa jumpalitan sambil ndorong keretanya nih. terideal, karna di depan rumah langsung nemu tram halte. jalan seiprit, nemu halte bis. 50m dari rumah, nemu supermarket dan tokotoko. WOOWW. makelarnya: GRATIS. setelah diurus sana sini, si ay di kontak sama makelarnya. menurut si makelar, kita bisa dapet si rumah itu. ASAL, kita bayar dari awal Mei. artinya, kita bayar sewa rumah double nih. rumah lama, bayar, rumah baru bayar. setelah dipikirpikir, kita oke. Sama aja dengan kita bayar makelar sebenernya. cuman ini buat sewa rumah. oke. Sujud syukur, begitu di okein dan buat janji untuk tanda tangan kontrak. Alhamdulillah. kita punya rumah. HOREEEEE.

No comments:

Post a Comment