Monday, September 12, 2011

nothing beats home

well..those were the words from a malay acquaintance..kenapa bisa sampe ada kata2 begitu dari dia?

awal kisah, dari kunjunganku dengan suami k tempat temen lama yang mau pindah...well, jangan heran kalo disini begitu denger orang mau pindah naluri2nya langsung keluar...naluri apa tuuuh? naluri dimana kalo di indo ga bakalan kepikiran dee...mulung jooonn...haha..ya secara kita idup d eropa, temporary, why spend so much money for something that you will get rid of, toch? jdi, karna kita denger si temen gw ini mau pindahan, langsunglah itu berangkat dari Deventer k Utrecht..it took us almost 1 hour to reach UT and 32 euros return..mabok pun terlupakan demi hunting barang...maluu?? simpen dulu deh...

sampe sana, ya tentunya kita ga gragasan donk yah nyerbu barang2nya dia..kita ngobrol2 dulu...trus, gw pake acara makan dn ngintip stok indomie dia *keinginan bebe nii..* tapi karna ingetnya ga sehat buat bebe, jadi ga jadi de makan indomie...kalo engga, ga bakalan deee d tawarin 2x *yaolooohh* cerita2 kita mulai dari ringan sampe ahirnya dia curhat tentang mantan istrinya sampe2 kita terbuai dengan ceritanya...sampe ada temennya orang melayu dateng k rumah dia karna mau bantuin dia packing...

trus, si temen gw ini *kita sebut T* langsung bilang, "put, ini semua dibongkar aja..biar elo tau elo maunya apa..dan itu udh gw siapin plastik2 buat elo bawa"

dan gw pun dengan sigap langsung ngerespon, "Tenang T, don't worry...kita bawa tas IKEA yang biru ituu dan ada extra ransel 2..hahaha *shameless laugh*"

ga lama bongkar2 dan pilih2, datenglah sepasang suami istri lagi yang judulnya sama, mau ngambil lungsuran barang dari si T, yang mau pindahan ini...nah, karna barangnya banyak, si T nemenin pasutri tadi balik k mobil mereka..sementara itu, terjadilah percakapan antara gw, suami dan si lalaki orang melayu tdi, sebut aja si M..

gw: so, M, raye ni, awak stay kat sini kee? *as in Den Haag* (M, kamu lebaran disini ga?)

M: iissh, takdelah...saye nak pegi Belgium pastu sambung pegi Brussels..kat sana ramai melayu (engga, saya mau k Belgi, abis itu k Brussel karna disana banyak orang melayu)

gw: ooo..yekeeee...?

M: saya dah 4 tahun tauuu raye kat sini...saya bosan..nasib baik 2 bulan lagi saya balik..

suami: saya pun dah 3 taun lebaran disini..memanglah sepi...sedih kann..?

M: memang sedih...nothing beats home..no matter how bad is your country, but this fancy country doesn't even close in beating our country...yes, you earn Euros, but you also spending that Euros..after a while, you will realise, it's more or less the same working in here and backhome..

gw: it's so right..but people sees it as a prestige..you live in europe..

M: yes...and they never know how painful to live in this country...and one thing you have to remember, it is completely DIFFERENT when you're on holiday and when you really have to live in here...in your holiday, you spent money, you don't have to cook, you don't have to struggle to survive...while when you start living in this place, it's totally the other way around..

suami: yes..that's why we're not planning to stay here permanently...this place is the right for you to gain knowledge, experience..but not to live and die in here...

M: I definitely tak nak mati kat sini...sedih tauuu...

well, we thought, we are the only one whose not normal for wanting to go home..the concern has risen as bebe coming into our lives, and as our parents get older...sedih ga sie, orang tua kita sakit dan the soonest you can get home is AT LEAST 14 hours...most cases more...memang saat ini orang tua masi sehat, tapi dalam waktu 5 taun lagi, kita ga perna tau toh? hal2 begini mulai memberatkan dan menguatkan tekad untuk mencari rejeki yang lebih deket dengan what we called HOME

anyway, that day, ended dengan kami membawa satu kotak ikea yang isinya piring IKEA 10 biji, gelas IKEA 10 biji, piso 1 set (isinya 12 kalo ga salah) dan tentunya dengan pernak pernik lain..we think that it was worth all the hassle..

as we all know, 1 Syawal 1432H baru aja berlalu...kita disini ngerayainnya hari Selasa..gw ga ikutan solat Ied, karna d mesjid Turki ga boleh ada perempuan yang ikut solat *aneh memang* dan untuk kita pergi ke kota lain yang komunitas indonesianya lebih banyak juga agak berat, mengingat ongkos tentunya..dan sorenya kita ngundang anak2 indonesia yang ada d deventer untuk dateng *biar feel lebarannya lebi berasa ceritanya*..tapi karna masi belom kuat untuk masak yang riweuh *as per Lontong Medan*...ahirnya, d sepakati, bahwa kita akan masak Sop Buntut ajaa..pas cerita sama mama, respon beliau: "haa?? lebaran ko makan sop buntut"..hahaha..biarkan mereka berkata apaaa..tapi kutetap tegaaarrr...berbekal Tefal Presto yang dihadiahi sama suami, 2.5 kg buntut sapi pun di masak...hasilnya, dalam waktu 3 jam (karna itu buntut dipecah 2, kaga cukup saking banyaknya) terhidanglah sop buntut lengkap dengan sambel, nasi putih, krupuk...alhamdulillah yang dateng semuanya kenyang dan suka..ALHAMDULILLAH, sesuatu banget yah..

but that was not the tragic story during this Lebaran...the tragic story was or should I say, were:
 1. malem takbiran *tentunya tanpa ada gema takbir di sekeliling* suamiku takbiran sendiri..ak ngikutin...dan tanpa sadar, air mata pun ikut mengalir...
2. malem mau tidur, kita berdua ngehayal tentang makanan yang ada kalo pas lebaran di rumah masing2...gw sibuk mendeskripsikan keenakan lontong medan gw dan suami sibuk mendeskripsikan Ketupat Opor di purwokerto..
3. pagi lebaran, nunggu suami pulang solat Ied, biasanya kalo d rmh medan sibuk nata2 dan makan duluan dipojokan, ini cuman diem nonton tv sambil nyeruput teh anget...
4. ketika sungkeman, biasanya sungkem dan meluk mamapapa, sekarang yang dipeluk dan dicium cuman satu, suami...padahal biasanya, kalo lebaran, paling engga ada 8 orang dewasa yang harus gw sungkemin dan membuat air mata gw ga brenti ngalir...lebaran kali ini juga membuat air mata gw mengalir, tapi bukan cuman karna sungkem sama suami, tapi ngerasa bahwa sedihnya pisah sama keluarga...to be honest, it was not a pleasant feeling...

gw tau, bukan hanya gw yang merasakan ini semua...tapi, dulu 3 lebaran gw ga bareng sama keluarga pas gw sekolah...tapi setelah itu, gw bareng lagi sama mereka semua...dan sekarang ga bisa bareng lagi...ntah ya, tapi gw merasa lebih sakit seperti ini...

NOTHING BEATS HOME, indeed...

dan semoga masi belom terlambat untuk gw ngucapin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada semua orang yang merayakannya...

No comments:

Post a Comment