Monday, September 30, 2013

Parenting style

Jadi ceritanya,beberapa minggu belakangan ini lagi jadi stalker sepupusepupu gue di beberapa socmed. Mereka ini masi cilikcilik,masi pada es em a aja. Jadi in one way, gue bisa ngerti kelabilannya.
Jadi di keluarga besar tuh ada masalah. Long story short,mereka tuh buang muka sama gue dan adek gue. Weeehh. Mereka kaga tau ya,kitakita udah jauh lebih tuwir woy *ko tua bangga?*. Makanya gue jadi stalker. Tidak lain tidak bukan hanya karna pengen tau how they are doing now. Baik yah gue? *ketimpuk*

Seiring setokmenyetok ini,mulai banyak nemunemu hal yang agak janggal. Contohnya,sebut saja si A baru umur 15/16 taun tapi dandannya udah kaya anak kuliahan semester 5. Itu yang ngomong nenek gue.
Si A ini emang anak sematawayang dari tante A,tapi sepertinya super amat sangat dimanja. Jadi kalo liat twitternya,kadang suka ngomelngomel hanya karna emaknya ga ngajak makan luar.
Melihat itu semua,gue jadi ngeliat ke diri gue sendiri. I have a daughter. One day,she will grow up and reach that age. The age dimana anak bisa mengikuti tementemennya. Mulai dari pergaulan,gaya dan segala macem. It scares me to death! I'm scared to even think. Tapi ya memang ga perlu dipikir tapi dijalani ,toch?! Cuman ya sebagai orang tua,gue dan mr H merasa kita tetep harus punya plan.

Lalu, the other day, gue ngobrol sama SHM yang punya toddler 2+. Saat itu kita lagi kumpul ramerame. Sampe ada yang nyeletuk,gimana caranya elo mendidik anak loe biar ga jadi anak begajulan? Jawaban si temen gue ini, dia approach anaknya sebagai temen.

So,as for us. What are we going to do as parents?

Simple. Be their friend. Seperti yang dibilang temen gue itu. Dan ini udah kita tanamkan sejak si Dev kecil. Jadi,kita masi kaya anakanak yang suka gulangguling. Lari kesana kemari. Kejerkejeran ala bayik. Intinya,we are your friends. Bahkan mr H selalu ngomong sama si dev,

"Kalo ada masalah curhat sama papa yah" yang lalu di pelototin sama emaknya. Sama gue jugalah. Enak aja.

Tapi kadang memang teori ga seindah praktek. Ada saatsaat dimana anak ga melihat kita sebagai orang tua. Itu bagi gue: NO NO! Gue ga mau anak(anak) gue ga respek gue ato bapaknya sebagai orang tua.
We are indeed your friends. You can tell us anything,ANYTHING. Tapi,ada saat kamu HARUS respek sama kita karna kita orang tuamu.

Contoh kasus:
Si anak minta dibeliin barang karna temennya juga punya. Lalu,dia minta sama orang tuanya. Dalam kasus ini gue ato bapaknya. Gue akan ajak dia diskusi kenapa dia mau beli barang itu. Kalo memang argumennya bener dan memang barang itu berguna,mungkin kita akan beliin.

Dikasus Dev,kita berusaha untuk ngajarin dia konsep salah. Jadi misalnya dia makan lalu tanpa alesan dia ngelepeh. Yang gue lakukan:
- ngomong sama dia bahwa dia salah ngelepeh makanan. Di harus liat mata gue. Ga perlu nada tinggi. Hanya menekankan bahwa dia salah. Titik.

- jauhin dia dari gue. Ini menurut gue adalah hukuman paling ampuh. Karna dia depend banget sama gue. Begitu disuruh jauh,dia langsung jeritjerit. Disuruh duduk 1/2m aja ogah. Hihi.
Ya setelah dia minta peluk,gue juga akan peluk sambil sayangsayang. Tapi tidak lupa bilang alesan kenapa gue menghukum dia begitu.

Ini sie parenting style kita. Ga ada mensugesti orang untuk ngikutin,karna setiap orang tua tau apa yang terbaik untuk anaknya.

2 comments: