Tuesday, July 3, 2012

H + 4 = 0 pt 3 (post-labor story)

maapkan yeuh, nulis post-labornya setelah si gendhuk *krn bapakke jawa* udah lebih2 bulan..hihi

...
setelah proses cium mencium si gendhuk selesai, dia langsung di ambil sama suster, trus di bersihin sedikitsedikit, sekalian si bey motong tali pusernya secara official ajah..yang panjangnya mah udah dipotong duluan sama si dokternya begitu dia dikeluarin dari perut..begitu udelnya dipotong sama papahnya, pediatric langsung meriksa semuanya...Alhamdulillah semuanya normal dan tidak ada kekurangan suatu apapun...sujud syukur kami padaMu ya Allah..




sementara, ak masi bercucuran air mata...NO, bukan karna sedih, tapi karna terharu banget ahirnya ngeliat anak yang selama ini di perutku...yang tadi pagi masi goyanggoyangin kepalanya di perutku..si gendhuk dan papanya pergi ninggalin KO dan menuju ke kamar kita..ak sendiri masi di 'kerjain' sama obgynnya..ketika itu perut lagi dijait, yang kerasa cuman perutku lagi dipegangpegang...dan kedengeran kaya suara cairan di sedot (kaya yang di dokter gigi gitu looh)..

apa kabar airmata? hoho...ga brenti boo..kaya keran lupa di tutup..hahaha..dan mungkin karna keliatan banget galaunya, ak di hibur sama hampir semua orang yang ada di KO itu, kecuali si dokter obgyn dan co-assnya..mereka nanya, siapa nama si gendhuk, artinya apa..apa tau jenis kelaminnya sebelom ini dan banyak lagi basa basi yang ak udah ga inget..
setelah kelar di jait perutku, si obgynnya nyalamin ak dan ngucapin selamat dan bilang semuanya bagus..nah, pas mau di pindahin k kasur yang bisa di dorongdorong itu, hospital's dressku di buka, karna penuh dengan darah..tapi tetep di selimutin dengan si penahan dingin tadi..
Eits,eke masi belom boleh ktmu sama si gendhuk, masi ditahan di observation room..weeeh..waktu tu rasanya lamaaa banget..tiap kali mesin tensi darah otomatisnya nyala,itu hepi banget..setelah sekitar 45 menit d OR itu, ahirnya dibolehin k kamar sendiri..

Begitu sampe yang pertama kutanya adalah


"bebe mana?" hahah

Ternyata gendhukku udah nyari nenen..terharu dee..trus bgtu ak udah stabil,dia langsung ditaro di dada..duuh,perasaannya ga ada yang ngalahin dee..trus begitu udahan,langsung dicoba disusuin..tetikadi udah d emekemek aja ama suster untuk ngeliat susunya ada apa engga..alhamdulillah adaa..
Lalu,malam pun tiba,dimana kita harus ngurusin si gendhuk sendiri..heboh neekk..tiap kali gendhuk nangis,bapaknya harus bangun,karna bekas oprasiku nyerinya luar biasa..mana lagi,si susternya yang notabene agak keker,harus meriksa rahimku udah kecut ato belom dengan cara menekan perutkuu..ealah yuk mariii..paska oprasi beberapa jam,bius jiga belum sepenuhnya ilang,perutku udah d teken..ya reflek nyubit..haha..sori ya zus..

btw,setelah oprasi,gw ga dikasi obat apaapa selain paracetamol sampe ahirnya njeritnjerit minta pain killer *oke lebay*..tpi, gw baru dapet painkiller setelah gw bilang bekas oprasinya nyeri banget dan gw ga bisa tidur..jdi,obat telen satu dan masi ga ngaruh..ahirnya,dapet satu suntikan dipaha yang ahirnya buat ak teler *zZzz* tapi hanya beberapa jam doaang krna si gendhuk nangis minta susu..

Hari kedua,pagipagi, susternya dateng buat liat luka trus sambuil bersihin badanku..well,krna tadi malem infus pengecut rahim udah diganti,maka pagi ini udah cabut infus dan kateter doonk..trus karna udah cabut kateter,disuruh jalan sendiri k kamar mandi..makjret yaahh..sakitnya ga keruan..memang masi dibantu sama susternya,cuman kan tetep aja sakitnya ga keruan ketika harus bangun dari kasur dan duduk d wc..nah,begitu udah bisa pipis sendiri, ga lama datenglah suster lain..ak d depak meennn!!!katanya ada orang mw melahirkan dan semua kamar penuh,jadinya harus share kamar bertiga..duh,bawaannya mau ngedumel,cuman mau gmn..ngikut ajalah..apa boleh buat..nah,kamar yangini, karna isinya bertiga, pasangan ga boleh ikut nginep..ketika siang itu sampe malem,ga ada masalah sama sekali...begitu suami udah pulang dan anak jejeritan,disitulah kesabaran gw sebagai ibu baru diuji..kenapa?karna tiap kali anak nangis ak harus ngangkat dan kalo udah kelar nyusuin,harus balikin lagi k kasurnya..
Jadi..
1. Tidur sendiri di tempat asing tanpa suami
2. Baru belajar duduk tadi siang
3. Luka masi nyeri setengah mati
4. Anak ga brenti2 nangis
5. Susternya kalo dipanggil baru 15 menit kemudian dateng

Nah,ahirnya,ketika tengah malem,krna udah ga kuat, gendhuk ak tidurin di dada..krna tadinya udah sempet manggil2 suster tapi dia datengnya telat, keliatan kalo ak nidurin dia di dadaku..ehh..di omelin..bahkan ak sempet nelp suami jam 2 pagi sambil setengah nangis karna bingung,cape, dan ngantuk..ahirnya,suamiku ngirimin voice note untuk si gendhuk sambil bilangin..

"sayang jangan rewel, kasian mama nak..papa malem ini ga bisa anemeninkarna ga boleh nginep di rumah sakit..tapi besok papa dateng ya sayang.."

Well,believe it or not, anaknya anteng begitu d dengerin dan akupun menangis..hahaha..aselik, terharu booo dengerinnya..tapi didin't stay long..jam 4an pagi, bocilku nangis lagi..ahirnya,panggil suster dan bilang..

"saya mau pulang besok, no matter what!!"

"loh,emang kenapa? Kan kamu baru oprasi kmaren.." kata si susternya..

"mending saya pulang..dirumah paling engga saya ga perlu gendong bayinya sendiri.." dengan nada setengah mau nangis..

Ahirnya, Siangnya dateng DSA ngecek Si bocil dan memang hasilnya berat badannya turun..tapi ahirnya kita dibolehin pulang dengan catatan gendhuk ga boleh turun lagi beratnya dari yang sekarang..SIAAAPP!!! Asal gw pulang..

Setelah nunggu surat pelepasan dari dokter,ahirnya kita pulang sorenya..dengan bekel: breast pump machine..hahaha

Welcome home baby girl..

No comments:

Post a Comment