Tuesday, July 10, 2012

Cerita tentang menyusui

Tibatiba terinspirasi aja pengen cerita tentang menyusui..



Ini mungkin dialami oleh semua perempuan yang menyusui pertama kali..mulai dari latch on ga bener sampe p**ing sakit,cara yang salah menyusui, ato bahkan cara nyodorin p**ingnya salah..tapi,ceritaku cukup: GA PINTERPINTER LATCH ON YG BENER

Pulang dari rumkit,itu sekitar jam 5 sampe d rumah..trus jam 6 dateng suster sementara..jadi,ceritanya,dibelanda kita akan dapet satu suster setelah melahirkan (i think i've told this before) sampe hari k 8 umur bayi..nah,sang bapak juga akan disuruhsuruh sama si suster ini..mulai dari ganti popok,mandiin,gendong bayi and what to expect from the mother..

Anyhoe,back to the story..si suster ini ngajarin gmana botol air panas si bayi hrus diiket dan disusun di tempat tidur,kapan harus diganti..nah,lalu saatnyaaa minum susu..eike kn masi belom tamat masukin k mulut anak dengan baik..dan saat itu p**ing udh mulai perih..dibantu suster,oke bener..tapi karna susunya baru dikit yang keluar,jadinya harus terus dipompa..maaakkk..sakitnyaaa...ampun dijeee..
Short story,besoknya datenglah suster kita yang beneran..namanya Suzanne..ternyata,dia juga punya bayi umur 7 bulan..dn dia ditengah hari ijin setengah jan untuk meres susu..pas ak nanya,sekali peres bisa berapa dia dengan entengnya ngejawab..

"yaa..200ml lah untuk satu PD"

Padahal saat itu,tetikadi isinya lagi krisis..haha..pengen dee rasanya minta susu yang udah dia peres buat anakkuu..hhrr..

Niwei,karna dia udah pengalaman menyusui 2 orang anak jadi menghadapi kasusku kaya kita makan nasi *kaitannyaaaa?* ya maksudnya ga perlu banyak mikir karna udah pengalaman banget..nah,karna ada suster di rumah,mungkin psikisku lebih tenang karna akan ada yang bantuin masukin PD k mulut gendhuk..

Saat itu,mungkin ada perasaan takut yang ngalangin kesuksesan nyusuin tanpa bantuan orang lain,yaitu SAKIT!! Karna saat itu kondisi p**ting udah berdarah dan rasanya ga keruankeruan de sakitnya..bahkan, sempet satu malem jejeritan ga mau nyusuin langsung si gendhuk karna sakit banget dan masi bedarah...lalu, apa yang dilakukan? karna kita bilang sama si suster ga mau ngasi botol, jadi si suster merekomenkan ini..

image taken from google

kenapa harus kaya gini? karna ini masi memberikan 'sensasi' nyedot kulit seperti PD, jadi bayi akan ngerasa less bingung p**ing...tapi, let me tell you this...rempongnya segambrenggambreng booo..bayangin aja, udah tengah malem dimana kepala masi liyerliyer, terus harus ngasi susu begini sama anak...jadi ceritanya pas sore ke malem di genjot meres ASInya...dapetlah 150 ml...wiihh..jumawa doonk..secara, saat itu gendhuk baru berumur 1 mingguan, berarti kan kebutuhan susunya palingan cuman 40ml...jadi ya bisalah ya untuk sampe ke pagi..tapi, dasar aja yaa...instead of 40ml, jadinya malah 120ml yang dia minum...itupun masi ga puas...daaann...ahirnya harus ngalah dengan menyusui langsung lagi...
jadi memang menyusui gendhuk untuk beberapa hari itu penuh dengan airmata..literally ak menangis tiap kali gendhuk menangkap p**ingku...

nah, sedangkan siang kan ada si zuster Suzanne..jadi,tiap kali si gendhuk aus,si Suzanne akan siap bantuin *ih,kaya lagu Posyandu menungguku setiap waktu dee..hihi*..nah,gmana kalo malem?apalgi kalo bukan bangunin suami tercinta setiap mau nyusuin..jam berapa pun itu..

Petunjuk untuk latch on yang bener adalah harus GROTE HAP (nganga yang besar)..jadi si suami juga ikutan bilang..

"ayo mah..kamu pasti bisa..pokonya harus GROTE HAP"

Maka,yang dilakukan oleh saya adalah ngomong sama diri sendiri..


"ayo put..pasti bisa..yang penting GROTE HAP"

dan tiap mau nyusuin selalu ngomong sama gendhuk

"ayo nak..GROTE HAP"


Hahahaha..kayanya katakata itu andelan banget deh..hahaha..

Lalu,suami itu bantu dalam bentuk apa si?
Si suami membantu segalanya..ibaratnya kalo dia juga punya susu,itu anak udah dia susuin sendiri..haha..
Jadi,mulai dari ngaturin posisi bantal yang kirakira nyaman,naro anaknya di posisi siap nyusu,sampe masukin p**ing ke mulut anak adalah kerja keras dia..saya?cuman bantuin megang anak..hahahaha..*ah cinta kamu suami*...ini literally dia bantuin SETIAP kali nyusuin..jadi kalo gendhuk bangun tengah malem, ya suami melu bangun bantuin ngatur posisi...as I said, kalo dia punya susu, udah dia aja deh yang nyusuin..hihih..

and then one feeding time, dia nyeletuk,


"yang, kalo ak udah k kantor dan suster udah pulang, kamu gmana nyusuin?"


langsung menyadari dan bertekad mau belajar nyusuin sendiri..setelah beberapa kali percobaan, alhamdulillah jadi..

trus, saat gendhuk umur 2 bulan lebih, kita singgah k rumah temen yang kebetulan istrinya baru melahirkan...well, dia bilang sie, latch on dia udah bener...nah, pas kesana, kan nyusuinnya bareng...si gendhuk mah udah tinggal sodorin p**ing aja, dia langsung nangkep...nah, anaknya si temen ini masi nyarinyari..dan ternyata, problemnya sama...latch onnya belom bener...jadi yang dia sodorin itu adalah ujungnya, bukan areola...satu lagi kesalahannya, mendekatkan PD ke bayi, bukan sebaliknya...
tapi setelah dibantuin sekali, bayinya langsung anteng ngisepnya...

sekarang, saat si gendhuk tepat 12w old, perjuangan menyusui masi terus berlanjut..walo dramanya udah agak berkurang..pasti mikir kenapa berkurang..karena:

1. masi bangun malem beberapa kali

2. si gendhuk masi suka nyedot serius, lalu membungkukkan kepala, lalu menarik p**ing dengan keras..bagoooss..ini yang kadang suka buat esmosi karna kesakitan..

3. kalo lagi nangis, nangisnya harus dikelarin sambil menyusui..gmana tuh? jadi, mulamula dia akan ngisep, lalu dia lepasin, sambung nangis, lalu isep lagi, lalu lepasin, lalu nangis lagi...begitu terus sampe kepalanya ditahan supaya ga ngelepaslepas lagi...kadang, dia sambung nangisnya di dalem ne**n..haha..

but, further, everything is going great..can't complain..but grateful for everything..semoga perjuangan ASIXku bisa sukses seperti bunda/mama yang lain...amiin..

ayo semangat kepada semua busuiii..


No comments:

Post a Comment