Thursday, September 6, 2012

manajemen ASI

eits..ini beda ko dari manajemen ASI punyanya ID_AyahAsi yang judulnya juga sama...cuman, disitu si mimin ngebahas tentang manajemen ASIP, dsini ak pengen cerita tentang PD mana yang dipake kalo mau nyusuin bayi.


ak ga tau de gmana disana. tapi petunjuk dari konselor laktasi disini, kalo menyusui, harus dengan dua PD. itu aturan nomer 1. lalu, PD pertama yang dikasi sama bayi adalah PD yang terahir ketika menyusui sebelumnya. itu aturan nomer 2. dan jangan pernah menyusui bayi dalam tenggang waktu 2 jam. itu aturan nomer 3. got it?! dengan lantang mengatakan: YES MAM, YES!

pelaksanaan???

kadang suka jauh men, dari aturan. loh loh, gimana bisa?

untuk aturan nomer 1. pelanggarannya:
si gencil ini agak suka un-predictable anaknya. jadi hari ini bisa rapi nih jadwal nyusunya, besoknya berantakan ga keruan. whew. jadi misalnya nih, pas lagi hari berantakan, dia bangun tidur akan nangisnangis nyari nenennya, tapi sebelom tidur dia ga mau nenen lagi dan kalo dipaksa akan berontak dan teriak sekencengkencengnya. okeh!

untuk aturan nomer 2. pelanggarannya:
sambungan dari si contoh tadi aja yah. si PD yang satu lagi kan belom di kosongin dan emaknya emang jenis yang males marmet ato mompa. hanya mengharapkan anaknya dengan baik hati dan giat ngosongin nenen emaknya. lah kalo lagi berantakan gtu, gmana donk? ya kasi yang lagi kenceng. haha. ga beres nih emang manajemen ASI mamanya danesha. ck ck.

aturan nomer 3. pelanggarannya:
pernah ngalamin anak ga mau nyusu? gw lagi mengalaminyaa! si gencil nyusunya ogahogahan. ada yang bilang fase, ada yang bilang bau ibunya lain, ada yang bilang ini dan itu. udah kucoba semuanyaaa! ahirnya mengalah dan konsultasi sama suster. ahirnya, peerku waktu itu adalah nyatetin kapan aja dia nyusu. karna si gencil beratnya udah agak stagnant. 2 minggu yang lalu cukup 30gr aja dia naiknya *emaknya nangis seember*. sempet disuruh nambahin sufor, tapi ak berkeras ga mau. sempet di rekomen untuk mulai MPASI, tapi ak belom siap. anyway, balik ke cerita. ketika nyatet, sumpah men, gw jumawa *kualat nih* karna kekerapan gencil nyusu cukup banyak. plus ada botolan dari asip. wah, gw udh siap dipuji donk sama suster. endilalah, kejadiannya ternyata kebalikan. itu yah makanya ga boleh takabur. kata susternya,

"jadwal menyusui kamu berantakan sekali yah"

berasa kaya di gampar men gw. tapi emang kuakui, emang si gencil itu nyusunya ga berjadwal. ahirnya, dikasi jadwal. jadi sehari cuman boleh 4 kali dan kalo minum asip, sekali minum 200ml (4m3w). cuman ak kan ga tegaan yah, mana beratnya miris banget lagi. jadi dinaikin jadi 6 kali sehari (termasuk malem sekali). nah, alhamdulillah, kmaren tibatiba, dia minta lagi dan lagi. wiihiiiyyy..si emaknya hepi berat! peraturan baru kulanggar?! ak ga peduli, yang penting si gencil mau nyusu lagi yang buanyak. etapi, si aturan nomer 3 tadi terpaksa dilanggar untuk menuruti aturan nomer 2. jadi dia sebelom tidur akan minta nenen. yuk, kasi. sejam kemudian, bangun tidur minta lagi. kasi nenen yang sama donk, lha wong aturan nomer 2 begitu kok. aturan nomer 2 di turutin karna pengen dapetin hindmilk yang banyaaaaakk *kaya iklan cokicoki*.

tapi ahirnya, kembali lagi, peraturan itu dibuat, untuk dilanggar. ya toh?! hihi. for me, itu semua menjadi less important ketika anak mau menyusu yang banyak lagi. mari kita ucapkan, alhamduli...llaaaaaahhhh...

3 comments:

  1. mbak itu maksudnya sekali minum asip anaknya 200ml? umur anak kita hampir sama dan skrg aku lagi mengalami fase dia ogah nyusu sm aku *mewek
    tapi dia klo minum asip juga ga bs sebanyak itu. paling sekali minum 90ml. tolong dijelaskan lagi ya mbak, buat contekan nih. mksh

    ReplyDelete
  2. kayanya emang ada deh mba, fase ogah nyusu..alhamdulillah sekarang Danesha mulai balik lagi nih rutin minumnya, walopun ga kaya dulu banget...tapi mendingan..Insyaallah ntar anaknya mau balik lagi nyusu ko, jadi jangan sedih ya mba *peluk

    iya, menurut suster disini, sekali proses menyusui loh ya (kalo nen, pake 2 PD), minimal 150ml..cuman, memang sama mereka di jadwal...jadi, sehari cuman boleh 4 kali minum susunya..jadi, ketika udah waktunya minum susu, anaknya memang super laper..ak pernah coba, alhamdulillah 160ml tembuh sama Danesha sekali minum..

    kalo jadwal seharusnya Danesha, itu dimulai jam 7/8 pagi, lalu di sambung jam 11/12 siang, lalu yg ketiga jam 4/5 dan yang terahir adalah jam 9 malem. katanya sie, itu memang udah ukurang anak umur 4 bulan..

    ReplyDelete
  3. wah berarti jadwal menyusuiku juga kacau ini. aku tiap saat nyodorin PD ma anakku. kalau kerja aku siapin asip sampe 4 botol @90ml. berarti semaleman emg dia harusnya ga nyusu ya? abis anakku sering cegukan. kata dokter klo cegukan artinya kurang minum. blom lagi klo dia mewek gt. aku pikir krn dia laper. tapi klo laper kok ga mau nyusu *dilema.

    mkasih infonya mbak. ntar aku coba terapkan. semoga dia juga mau nyusu lagi. aamiin. salam buat danesha mbak

    ReplyDelete