Monday, October 17, 2011

aneka mitos ketika hamil

dari jaman dahulu kala, mama saya itu senengannya ngomong gini,

"ntar klw kamu hamil...endebre endebre"

saya sendiri, yang saat itu masi belom kepikiran untuk nikah, apalagi hamil yah, iyaiya aja kalo dibilangin gitu sama mama...tapi dari apa yang suka dibilangin, banyak aja yah pantangannya kalo lagi hamil...bahkan sempet saya itu takut hamil loh, a couple of years ago...takutnya kenapa? buanyak alesannya...takut sakit pas lahiran, takut kalo dengerin pantanganpantangannya...

tapi ya namanya wanita *ceileee...wanita maakk* normal yah, wajar donk punya naluri pengen ada anak..dan seiring dengan waktu, pikiranpikiran aneh itu mulai sembunyi entah kemana...karna sesama new-mommy-to-be dengan salah satu tetangga blogger yang namanya cukup kerap kusebut di blog ini, kita jadi sering bbm-an...dia suka cerita kalo lagi hamil itu ga boleh ini, ga boleh itu...

ak sendiri, cuman kadangkadang ngerasain halhal begitu...karna ya posisi jauh ini mungkin menjadi sebuah advantage bagi saya karna jadi jarang dilarang halhal aneh..

- makan pake piring yang pinggirnya geripis --> katanya anaknya akan lahir cacat

- makan pake sendok, piring yang mungilmungil --> ntar mulut anaknya ikut mungil, jadi imutimut

- ga boleh keluar sore menjelang senja --> ntar di gangguin setan

- ga boleh pindah rumah --> anaknya cacat

masi banyak sie yang perna saya denger...cuman, saya pribadi, berusaha untuk tidak terlalu percaya halhal seperti ini..karna, bagi saya, semakin kita percaya akan sesuatu semakin hal yang kita percaya tadi akan terjadi...for me personally, saya percaya Tuhan bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik...

sempet ribut sama suami karna hal ini...misalnya yang pake sendok itu...garagara mama pernah ngomong,

"put, kamu jangan pake sendok yang gedegedeee!! pake sendok yang kecil, biar ntar bibir anaknya mungil"


dari semenjak dari situ, kalo saya mau makan, piring saya dicariin yang kecil, sendok saya juga dikasi yang kecil...berasa mau nangis tau ga rasanyaaaa...gimana ga mau nangiisss?? saya itu dikasi sendok yang biasa saya pake untuk buat susu coklat panas! kapan kelarnya gw makan kalo begini caranyaa? makan sop semangkok juga bisa sejam kalo dikasi pake sendok begitu...trus, gelas saya juga dikasi yang kecil...padahal saya jenis yang kalo minum itu pengen yang glekgleknya itu banyak...ya kecilnya gelas juga bukan berarti gelas saya berubah jadi gelas shot..hehe..tapi, biasanya agak besar, ini jadi kurus tinggi...lamalama gemes juga kan digituin terus...ahirnya, pas dia ke dapur untuk nyiapin makan, saya ngintilin, trus pas dia mau ngambilin sendok dan gelas mungil itu, gw tuker itu barang jadi yang biasa gw pake...hhhrrrrrrrr....ahirnya, apalagi yah, ngomellah saya...

alhamdulillah sekarang dia udah begitu percaya halhal itu...walo kadangkadang masi suka piyeee...tapi kalo di kasi tau baikbaik, dia mau ngalah...

but this is just my two cents..no offense at all to those whose believing in it..

3 comments:

  1. Yes dear.. pasti Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita. So, harus yakin, dan teruuus yakin klo semua baik2 aja.

    Walopun kadang suka2 ababil gitu dengerin mitos, gue menghormati yang memberi wejangan walopun pada intinya gue gak menjalani wejangan mereka. Intinya mereka sayang sama kita kok ^^

    ReplyDelete
  2. iyaa put, mitos2 apalagi kalo orang jawa tu buanyaaaakk buanget! :)

    mau diturutin semua kok ya ribet bgt yah? jadi selama ga aneh2, masi masuk akal, dan ga bertentangan sama agama ya dijalanin aja..

    semangat bumiilll :*

    ReplyDelete
  3. 2rere: amiin...bener banget...kitanya harus stay positif ya say...ga boleh terlalu kebawa sama mitos2 itu...kadang riweuh banget juga klw harus ngikutin mitos2 itu yah..heehe..

    2ning: iya banget niiingg...dan kadang klw semua2 harus d turutin, membuat rodo sutris yaahh..hhhrrrr..masalahnya, sebenernya bukan siapa2, cuman suamiku jadi parno sendiri...
    semangat bumil-yang-udah-tinggal-ngitung-bulan...

    ReplyDelete